Tutorial Cara Mempercepat Loading Blog / Website

Saya akan membagikan tips untuk mempercepat loading blog / website , perlu diketahui sangat penting loading cepat saat memuat suatu artikel / conten dalam sebuah blog karena itu akan berpengaruh kepada traffic.

Penjelasannya adalah jika ada pengunjung menemukan informasi dari search engine seperti google dan mengarah ke blog anda dan ternyata loading halaman blog anda lama maka pengunjung pun akan bosan untuk menunngu.

Akhirnya akan kabur meninggalkan blog anda tanpa jejak mengingat kecepatan akses internet berbeda beda tergantung letak geografis suatu daerah dan operator penyedia jasa internet.
Untuk mengantisipasi hal itu terjadi pada blog anda maka saya akan membagikan Tips untuk mempercepat loading blog

1. Jangan Terlalu banyak memasang widget / Plugin

Widget biasanya tersusun dari Html code / javascript , padahal untuk memuat sebuah javascript itu sangatlah berat jadi cukup pasang 1-3 plugin / widget saja.
Taruh widget tersebut di bagian akhir dari halaman. mengapa begitu? Karena browser akan memblokir proses loading dari content halaman lain jika Html code / javascript ditaruh di antara content.
Jika menaruh widget dan plugin pada bagian akhir halaman, maka semua konten / artikel sudah selesai dimuat saat browser akan mulai melakukan Html code / Javascript loading.

2. Kompres dahulu gambar yang ingin anda masukkan dalam postingan

Usahakan jangan memasukkan gambar dengan ukuran lebih dari 200kb biasanya gambar dari hasil jepretan kamera itu melebihi 1MB .
Sudah saya coba ternyata dengan mengompresnya terlebih dahulu loading halaman blog menjadi ringan dan hasilnya sangat efektif.
 

3. Gunakan Template yang sederhana

maksudnya adalah jangan gunakan template yang berwarna warni atau terlalu meriah karena template yang seperti itu biasanya banyak menggunakan CSS dan itu akan memberatkan loading .

4. Batasi Iklan dalam blog

Perlu anda tahu iklan yang terlalu banyak akan memberatkan loading blog , untuk itu cukup pasang maksimal 3 iklan saja dalam 1 halaman

5. Tampilkan maksimal 5 post saja pada halaman awal blog

Jadi jangan tayangkan semua postingan pada halaman awal cukup 5 postingan saja . Dan untuk membantu pengunjung melihat postingan lainnya sediakan search box , archive dan daftar isi dalam blog anda.