Pengertian Dan Fungsi Linux Lengkap

Perkembangan teknologi komputer diikuti oleh ketersediaan sistem operasi yang semakin beragam. Contoh sistem operasi yang populer adalah Microsoft Windows, Linux dan MacOS. Untuk mengetahui apa itu sistem operasi terlebih dahulu harus membaca artikel kami tentang pengertian sistem operasi.
Pada kesempatan kali ini giliran kami untuk mengupas tentang pengertian Linux. Mungkin dari sekian banyak pembaca ada yang masih belum begitu memahami tentang sistem operasi Linux. Maka dari itu di dalam artikel ini kami akan membahas beberapa poin pokok tentang Linux, meliputi: pengertian Linux, Kelebihan Linux, dan Contoh Contoh Linux.
Related image

Pengertian Linux

Pengertian Linux adalah nama dari sebuah sistem operasi yang berbasis Unix yang disebarluaskan ke masyarakat secara gratis dan berada di bawah lisensi GNU General Public License (GPL), yang berarti bahwa Linux didistribusikan berikut dengan source code-nya. Ketersediaan akses kode sumber memungkinkan para pengguna untuk memodifikasi sistem operasi ini yang kemudian diperbolehkan juga untuk digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas. Nama Linux sendiri diambil dari nama si penciptanya yaitu Linus Torvalds, untuk lebih jauh tentang sejarah Linux akan kami bahas pada artikel berikutnya.
Yang menjadi perbedaan paling utama antara sistem operasi Linux dengan sistem operasi populer lainnya adalah terletak pada kernel Linux dan komponen-komponen yang menyususnnya yang bida diakses secara bebas dan terbuka. Namun perlu pembaca ketahui, linux bukanlah satu-satunya sistem operasi yang berada pada kategori open source, masih terdapat beberapa sistem operasi lain yang bersifat sama dengan Linux. Akan tetapi Linux menjadi contoh terbaik dan sistem operasi open source yang paling banyak digunakan.
Pengembangan sistem operasi Linux dilakukan dengan cara mendistribusikannya secara bebas sehingga setiap calon pengguna dapat mendownload sistem operasi ini di internet atau mendapatkannya dari forum-forum khusus. Forum pengguna Linux biasanya membentuk sebuah komunitas khusus untuk memodifikasi sistem, setelah itu kode sumber yang telah dimodifikasi dan dikembangkan tersebut kembali dibagikan melalui internet atau media lainnya. Siapapun bebas untuk bergabung dengan komunitas dalam pengembangan sistem operasi Linux.
Fungsi - Fungsi Linux

Fungsi Secara Detail :


  1. Pengaturan Processor, yaitu mengatur processor untuk dapat dijalankan oleh sistem komputer.
  2. Pengaturan Memori, yaitu mengatur pembagian dan mengirimkan instruksi dari memori utama dan tempat penyimpanan lain ke sistem komputer.
  3. Pengaturan Input/Output, yaitu koordinasi dan penugasan dari berbagai perangkat input/output ketika satu atau lebih program sedang dieksekusi atau dijalankan.
  4. Pengaturan File, yaitu mengatur penyimpanan file dari berbagai tempat ke perangkat penyimpanan lainnya. Juga memungkinkan semua file dapat dengan mudah diubah dan dimodifikasi dengan menggunakan text editor atau dengan lainnya.
  5. Menjalankan sistem prioritas, yaitu menentukan urutan pekerjaan yang harus dilaksanakan dalam sistem komputer, mulai dari yang paling utama, lalu yang kedua, dan seterusnya.
  6. Interpretasi atau penerjemahan perintah-perintah dan instruksi-instruksi.
  7. Sebagai fasilitas komunikasi yang mudah antara sistem komputer dan komputer operator (manusia).
  8. Bertanggung jawab atas keamanan data dan integritas.

Fungsi Secara Umum :
  1. MULTI TASKING: memungkinkan beberapa program sekaligus diproses pada saat bersamaan di sebuah komputer dengan single user.
  2. MULTIPROGRAMMING: memungkinkan beberapa program menggunakan resources komputer pada saat waktu yang bersamaan bergantian (cth: proses memasukan data, melakukam cetak pada printer)
  3. TIME SHARING: memungkinkan beberapa pemakai komputer menggunakan CPU bersamaan dan CPU akan memberikan waktunya bergantian kepada user untuk melayaninya.
  4. MULTIPROCESSING: memungkinkan beberapa CPU bekerja besama-sama secara.

No comments