5 Cara Mengatasi Kecanduan Teknologi Berlebihan




Apakah Anda terbiasa mengecek smartphone Anda saat bangun tidur? Apakah ketika bekerja, Anda mudah teralihkan dengan apa yang ada di Internet? Mungkin Anda juga suka memfilmkan suatu konser dengan handphone Anda. Jika demikian, bisa jadi Anda kecanduan teknologi. Ya, memang jika teknologi tidak digunakan sebagaimana mestinya, akan bisa memberi dampak negatif, yang salah satunya adalah kecanduan tersebut.
Berikut ini adalah cara untuk mengatasi kecanduan teknologi sehingga Anda bisa lebih produktif dan efisien.

1. Hindari Mengecek Perangkat Digital Di Pagi Hari

Banyak orang mengkonsumsi sarapan tak bergizi dengan menu yang berkaitan dengan teknologi seperti mengecek email atau melihat jumlah like dari foto di Facebook atau Instagram yang telah di-upload malam sebelumnya. Hal ini akan melemahkan produktivitas Anda karena dengan melakukan hal ini, pikiran Anda akan terbanjiri banyak hal bahkan sebelum Anda punya kesempatan untuk fokus pada gambaran yang lebih besar. Alih-alih mengecek perangkat digital, Anda bisa melakukan beberapa peregangan ringan atau yoga, menyikat gigi, membaca koran atau bermeditasi selama 10 menit. Dengan demikian, Anda lebih siap untuk menyambut pekerjaan di kantor.

2. Tangkis Gangguan Dari Internet

Anda sedang bekerja untuk suatu deadline, dan tiba-tiba, tut tut… sebuah email masuk yang berisi video bayi-bayi imut. Walaupun sulit, membuat suatu penghalang bagi gangguan-gangguan tersebut bukanlah hal yang mustahil. Anda bisa mengontrol semua interupsi yang ada jika Anda mau. Misalnya, Anda bisa menginstal ekstensi browser seperti StayFocusd dan menetapkan batas waktu untuk mengunjungi situs web tertentu. Anda juga bisa mematikan Wi-Fi Anda selama satu jam. Atau mungkin hindari komputer Anda sama sekali dan raihlah buku catatan Anda.

3. Hentikan Kebiasaan Aktif Selama 24/7

Teknologi memungkinkan orang bekerja dan dapat dihubungi kapanpun dan dimanapun. Dengan adanya perangkat di saku, kita dituntut untuk terus aktif. Padahal istirahat dari pekerjaan sangat baik untuk pikiran Anda. Ketika kita menghindarkan diri dari perangkat digital untuk waktu yang lebih lama, kita akan kembali terhubung dengan pikiran-pikiran kita yang baru, kreativitas kita akan meningkat, tekanan darah akan turun, dan kita akan benar-benar bisa memberi perhatian pada apa yang benar-benar penting dalam hidup.

4. Hindari Mencari Informasi Tentang Apapun Melalui Internet

Masih ingat ketika Anda harus menemukan suatu alamat tanpa bantuan Google Maps? Atau ketika Anda harus menjawab suatu pertanyaan tanpa sibuk googling? Cobalah lihat dalam diri Anda lebih dalam dan temukan jawaban yang tepat untuk apapun. Ketika di tempat kerja, percaya intuisi Anda dan kejutkan diri sendiri dengan bakat yang Anda miliki. Banyak yang mencari inspirasi melalui website, tapi karya original sebenarnya bersumber dari keyakinan dan pengalaman diri.

5. Tinggalkan Handphone Anda Untuk Sementara Waktu

Ponsel dapat menjadi penghalang bagi Anda dan objek di sekitar Anda. Ponsel juga bisa menghancurkan pengalaman murni Anda. Sangat penting bagi Anda untuk membuat zona bebas telepon. Mungkin Anda bisa melarang penggunaan ponsel di rumah saat makan malam. Saat bertemu teman di suatu tempat, tumpuk handphone menjadi satu sehingga Anda bisa lebih menikmati kebersamaan bersama teman. Bahkan mungkin, ketika di restoran, Anda bisa membuat peraturan: siapa yang pertama kali mengambil ponselnya harus membayar semua tagihan. Ketika Anda ingin mengambil foto dengan kamera Anda, mungkin Anda hanya ingin menikmati semuanya langsung dengan mata Anda.
https://csdnews.com/5-cara-mengatasi-kecanduan-teknologi/