Internet Broadband : Pengertian dan Jenis Koneksi Internet Broadband

Pengertian Dan Jenis Internet Broadband
Pengertian Dan Jenis Internet Broadband
Kadang-kadang, orang-orang bingung tentang broadband. Mereka tidak  mampu untuk memahami apa sebenarnya itu.

Pengertian Internet Broadband

Internet Broadband jangkauan frekuensi yang luas yang digunakan untuk mengirim dan menerima data atau istilah generik yang digunakan untuk berbagai jenis koneksi internet dengan mengunakan teknologi broadband

Internet Broadband digunakan sebagai bentuk umum dari akses internet yang ditujukan untuk kecepatan yang lebih tinggi. Hal ini dianggap sebagai cara terbaik untuk men-download file, video, klip, musik, radio digital dan juga membantu dalam pengiriman email dalam kecepatan yang cepat.

Dibandingkan dengan koneksi internet yang normal, hal ini dapat mentransfer informasi yang tinggi untuk meningkatkan kecepatan 40 kali. Anda tidak perlu dial up untuk mendapatkan log on, selalu tetap terbuka. Oleh karena itu, hal ini telah menjadi sebuah revolusi untuk melakukan aktivitas online.



Dengan melihat banyak keuntungan, sebagian besar orang memilih untuk layanan broadband, karena kecepatannya.

Broadband sering disebut juga sebagai high speed access internet, karena biasanya memiliki kecepatan aliran data yang tinggi. Umumnya, koneksi  ke pelanggan dengan kecepatan 256 kbit/d (0,256Mbit/d) atau lebih dianggap sebagai broadband internet access. International Telecommunication Union Sektor Standarisasi (ITU-T) mendefinisikan broadband sebagai kapasitas pengiriman yang lebih cepat dari kecepatan utama ISDN pada 1,5 sampai 2 Mbit/d. Definisi FCC dari broadband sekitar 200 kbit/d dalam satu arah, dan jalur lebar canggih paling tidak 200 kbit/d dalam dua arah. OECD mendefinisikan broadband sebagai 256 kbit/d dalam paling tidak satu arah dan kecepatan ini yang paling diterima di seluruh dunia.

Umumnya, orang-orang yang ingin memiliki layanan broadband berpikir bahwa semakin tinggi kecepatan koneksi internet, semakin pula mahal harganya. Mungkin, memang benar bahwa itu adalah sedikit lebih mahal daripada koneksi dial-up

Jenis Koneksi Internet Broadband

Di pasar, ada banyak pilihan yang tersedia, tapi itu kadang-kadang menjadi sulit untuk memilih yang terbaik untuk kita. Jenis benar-benar tergantung pada persyaratan kecepatan, lokasi dan anggaran. Tergantung pada ini, layanan broadband yang tersedia di:

DSL

Ini adalah jenis jaringan telepon, yang diperlukan untuk mentransfer data pada kecepatan yang sangat tinggi. Oleh karena itu, mereka adalah sempurna untuk membawa suara analog dengan proses konversi suara menjadi diperlukan sinyal listrik. Ada modem, dimaksudkan untuk mengkonversi sinyal digital menjadi sinyal audio analog, yang selanjutnya dapat ditransfer melalui saluran telepon. Menurut keterbatasan teknis, hal ini dapat membawa sinyal tentang 56Kbps.

SDSL

SDSL (Symmetric Digital Subscriber Line) serupa dengan ADSL hanya berbeda dalam Satu aspek yaitu kecepatan upload. SDSL ini identik dengan upload. Hal ini bermanfaat untuk tujuan komersial dan bisnis yang memerlukan kecepatan upload yang cepat dan koneksi SDSL memenuhi persyaratan ini. Seringkali biaya SDSL lebih mahal dari ADSL, oleh karena itu juga harus sebanding dengan keuntungan bisnis dan komersial.

ADSL  

ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) adalah koneksi broadband yang paling sering digunakan terutama di warnet warnet. ADSL adalah alat digital memungkinkan yang konektivitas internet berkecepatan tinggi dan dapat digunakan untuk mengakses internet tanpa menganggu jaringan telepon. ADSL bekerja pada kecepatan 512 kbps atau lebih tinggi. Dalam jaringan ADSL normal kecepatan download leb besar daripada kecepatan upload. Hal ini disebut sebagai asimetris karena perbedaan pada kecepatan download. dan upload.

Koneksi Kabel

Koneksi Kabel ini dianggap sebagai cara tercepat untuk menyediakan akses internet. Untuk membawa sinyal, konsumen menggunakan HFC (Hybrid fiber-coaxial) jaringan.

Fiber Optik

Fiber Optik Teknologi fiber optik adalah teknologi yang mengubah sinyal elektrik ke sinyal cahaya. Sinyal ini ditransfer melalui kabel serat optik. Jaringan internet broadband ini sering juga digunakan meski dengan biaya mahal.


Koneksi Wireless

Internet nirkabel adalah kebutuhan sepanjang hari. Saat ini, laptop, Komputer dan ponsel, semua memiliki koneksi internet nirkabel. kecepatan proses download yang disediakan oleh jenis akses teknologi ini berkisar 128 kbps sampai 2Mbps. Teknologi ini berkembang karena meningkatnya penggunaan perangkat nirkabel seperti Smartphone, Tablet dan laptop/komputer



Pililah yang tepat untuk biaya instalasi dan layanan yang diambil oleh penyedia, bandingkan dan pilih yang terbaik untuk anda.