Yoast SEO : Pengertian dan Pemasangan Plugin Yoast SEO di Wordpress

Yoast seo
xudhaxsite.net

Pengertian Yoast SEO

Apa itu Yoast SEO?
Pengertian yoast SEO adalah sebuah plugin untuk website yang disediakan oleh wordpress.com.
Fungsi Yoast SEO adalah untuk mengoptimalkan artikel agar mudah dikenali search engine seperti google. Yoast SEO merupakan sebuah plugin gratis yang ada di wordpress.

Cara optimasi SEO wordpress sangatlah banyak, salah satunya dengan menggunakan YOAST SEO. Saya sangat menganjurkan menggunakan Yoast SEO wordpress plugin bagi pemula yang ingin mengoptimasi wordpress miliknya. Adapun alasan saya merekomendasikannya karena :

Fitur Plugin Yoast SEO 

YOAST SEO adalah sebuah plugin SEO (optimalisasi yang digunakan dalam mesin pencari) dengan fitur terlengkap. Fitur yang dimiliki plugin YOAST SEO akan sangat penting bagi wordpress untuk bisa dikenali. Pada search engine, akan banyak muncul kata kunci yang memungkinkan terhubungnya suatu halaman pada daftar.

Dengan adanya plugin ini, maka mesin pencari akan lebih mudah menampilkan nama wordpress di daftar. Kemudian, jika diklik maka pengunjung akan langsung berhubungan dengan halaman. Dengan demikian, maka jumlah viewer akan semakin tinggi. Jika mesin pencari sering menghubungkan pengunjung dengan halaman wordpress, maka tentu lebih banyak keuntungan yang akan diperoleh.



Fitur yang dimiliki oleh plugin ini akan bisa membuat pengunjung datang sendiri hanya dengan daftar pada menu mesin pencarian. Keuntungannya adalah menghemat waktu promosi tanpa harus mengomentari blog orang lain atau memasang iklan dengan berbagai cara.

 Pengoptimalan Kinerja SEO Wordpress

Mengoptimalkan kinerja YOAST SEO artinya bisa meraih peringkat lebih tinggi pada mesin pencarian. Namun, yang perlu digarisbawahi adalah meningkatkan peringkatnya bukan berarti menjadikannya sebagai peringkat pertama. Untuk menjadi peringkat yang pertama dibutuhkan lebih dari sekedar plugin ini. Kinerja SEO wordpress yang dimiliki seseorang bisa maksimal apabila didukung oleh plugin ini. Karena pemasangannya yang mudah, maka plugin tersebut sangat disarankan bagi para pemula. Prosentase kinerja YOAST SEO kurang lebih hanya berkisar di angka 5% jika dibandingkan dengan seluruh ilmu tentang SEO. Jadi, cara ini termasuk cara dasar yang tidak bisa menjadi tolak ukur keberhasilan mengelola halaman wordpress. Untuk pemasangannya sendiri, ada 2 tahapan dari optimalisasi kinerja YOAST SEO yaitu tahap pengaturan dan penulisan halaman wordpress.

Pemasangan YOAST SEO di Wordpress



1. Pemasangan Setting Yoast SEO di Dashboard

Pada bagian dashboard, cara untuk menerapkan Yoast SEO adalah mencentang beberapa bagian. Centang pertama adalah di bagian Tracking. Klik pilihan “allow tracking of this WordPress installs anonymous data”. Hal ini akan diperlukan saat mengatur plugin sebagai SEO wordpress. Jadi, pemilik halaman wordpress harus mengetahui apa yang tengah dinegosiasikannya, dengan tema apa, dan bagaimana plugin lain dari pengunjung. Jika mengklik centang maka tidak akan mempengaruhi detail informasi pengunjung sehingga privasi dan keamanan tetap terjaga. Sementara itu, bagian lain yang dicentang adalah pilihan Security. Klik kotak di sebelah kalimat “Disable the advanced part of the WordPress SEO meta box”. Dengan mengklik pilihan tersebut, maka tidak akan ada autor atau editor lain yang mengalihkan jurusan atau traffic ke postingan lain. Hal ini akan sangat penting terutama jika pemilik halaman tidak sepenuhnya mempercayai autor atau editornya.

2. Pemasangan Setting Yoast SEO Pada Kolom Title dan Meta

Bagian yang perlu dicentang pada kolom title dan meta untuk pemasangan Yoast SEO adalah Title Setting untuk kategori general. Klik bagian “Force rewrite titles” yang akan memungkinkan deteksi otomatis kapan penulisan ulang pada bagian judul halaman diperlukan. Jika hal ini dirasa salah, maka pengubahan bisa dilakukan. Kemudian, pada pilihan Sitewide meta settings ada bagian yang dicentang dan tidak. Bagian yang dicentang adalah “Nonindex subpages or achieves” yang akan menghindari halaman 2 atau lainnya untuk keluar dalam arsip hasil pencarian. Pilihan “Use meta keywords tag” tidak perlu dipilih apabila pemilik halaman belum mengetahui tentang meta deskripsi. Selain itu, ada 2 bagian lain yang dicentang yakni “Add noodp meta robots tag sitewide” dan “Add noydir meta robots tag sitewide”.

3. Pemasangan Setting Yoast SEO Pada XML Sitemaps

Pemasangan Yoast SEO pada XML Sitemap adalah dengan mencentang pilihan “Check this box to enable XML sitemap funcionality”. Jika belum memiliki sitemap, maka akan ada pilihan mencari XML Sitemap. Klik bagian itu, tetapi pemilik halaman tidak perlu menggenerate XML Sitemap.

Karena jika dilakukan maka akan saat mempublish sebuah postingan waktu yang diperlukan lebih lama untuk menggenerate lagi. Sementara itu, untuk bagian User sitemap, General settings, dan Exclude post types nyaris tidak ada yang dicentang. Hanya satu pilihan di Exclude post types yang diklik yaitu “Media (attachment)”.

4. Pemasangan Setting Yoast SEO Pada Bagian Permalinks

Pada menu pilihan Permalink Settings, bagian – bagian yang dicentang adalah: “Strip the category base”, “Remove stop words from slugs”, “Redirect attachment URL’s to parent post URL”, dan “Remove the ?replyto com variables”. Sementara itu, bagian yang tidak dicentang adalah “Enforce a trailling slash on all category and tag URL’s” dan “Redirect ugly URL’s to clean permalinks”.

Dengan demikian, maka halaman wordpress akan mempunyai kategori dasar, bisa menghapus hama sehingga URL semakin bersih, mengalihkan berkas lampiran menuju post utama, serta menghapus variabel tidak diperlukan. Hal yang tidak perlu dilakukan adalah menjalankan kategori tambahan dari URL dan mengarahkan URL buruk menuju permalinks yang lebih bersih. Hal ini sangat tidak direkomendasikan. Jadi, pada Yoast SEO bagian permalinks blog tidak perlu diarsipkan.

5. Pemasangan Setting Yoast SEO Melalui Internal Linking

Internal linking adalah sebuah cara pemasangan Yoast SEO dengan cara penghubungan secara internal. Pada pilihan Breadcrumbs Settings, klik “Enable Breadcrumbs”. Cara ini dilakukan sebagai metode dalam melakukan penyetingan blog untuk terkoneksi atau membangun link. Jadi, setelah judul postingan akan keluar breadcrumb.

Yang perlu dilakukan setelah itu adalah mengedit file menjadi single.php dari pilihan themes apabila tidak langsung tersupport. Jika breadcrumb sudah benar settingannya, maka akan keluar 2 menu berikutnya yakni RSS dan Export Import. 2 menu ini bisa diskip apabila yang bersangkutan tidak sering melakukan penggantian plugin SEO. Tetapi bisa juga 2 menu ini tetap dipilih apabila ingin melakukan penggantian plugin SEO.

6. Pemasangan Setting Yoast SEO Melalui Pilihan Edit Files

Apabila pengaturan pada robots.txt dan juga file .htaccess perlu diubah, maka selanjutnya pilihan ini akan sangat diperlukan. Robot.txt merupakan fitur yang mempunyai beberapa jenis aturan dengan kapasitas wajib dilaksanakan supaya search engine dapat mengindeks halaman wordpress si pemilik. Isinya adalah petunjuk alamat yang diperbolehkan atau tidak diperbolehkan untuk pengaksesan.

Di samping itu ada juga konfigurasi server yang berhubungan dengan permalink cantik namun tidak bisa menampilkan gambar dari halaman milik orang lain. Ini adalah cara terakhir yang dapat dilakukan agar bisa mengoptimalkan kinerja Yoast SEO. Masih banyak cara – cara lainnya, tetapi cara ini sangat direkomendasikan untuk pemula.

Demikian artikel mengenai Semoga dapat dijadikan referensi pengaturan pada Wordpress anda.